Jumat, 17 Agustus 2012

Home » , , » Verifikasi DP4 Kabupaten Bangkalan Amburadul

Verifikasi DP4 Kabupaten Bangkalan Amburadul


News-Madura, Bangkalan. Jelang pemilihan kepala daerah Kabupaten Bangkalan, pelaksanaan verifikasi daftar pemilih tetap (DPT) terkendala DP4 yang amburadul. Hal itu diungkapkan sejumlah panitia pemilihan kecamatan (PPK) pada saat rapat koordinasi di kantor KPUD Bangkalan, Senin (9/7/2012).

Supandi salah satu ketua PPK kecamatan Arosbaya mengaku kesulitan dalam pencacahan daftar pemilh tetap. Pasalnya DP4 yang diterima dari dispenduk capil berdasarkan nomer urut umur, bukan nomer urut kartu keluaraga (KK). Akibatnya dalam 1 keluarga bisa dicacah 2 sampai 3 kali. 

"Kami tidak hanya kesulitan dalam verifikasi tapi juga mendapat keluhan dari PPS dan P2DP, selaku petugas pencacah di lapangan, bahwa DP4 yang diberikan kepada kami banyak yang tidak sesuai bahkan amburadul," tegas Supandi di hadapan anggota KPUD Bangkalan.

Hal senada juga diungkapkan Badrun PPK Kecamatan Geser. Menurutnya, DPT di Kabupaten Bangkalan bakal rawan konflik. Sebab, bila mengacu kepada data yang bersumber dari dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil) pasti tidak sama dengan pendataan yang dilakukan PPS. 

"Seharusnya DP4 dari dispendukcapil mengacu kepada no KK, bukan umur, kalau begini caranya pasti akan ada pengelembungan suara. Kami meminta kepada anggota KPUD harus bijak menyikapi masalah data, sebab, kami menginginkan pemilukada di Bangkalan berjalan lancar dan aman," tandasnya.

Di pihak lain, mendapat protes dari PPK terkait aburadulnya verifikasi DP4, KPUD berjanji akan melakukan evaluasi ulang kepada dispendukcapil setempat.
Share this article :

Poskan Komentar